Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

15.45*

2 4,449

Selamat sore…

Mampukah IHSG meredakan signal negatif yang muncul dari koreksi yang terjadi pada hari Jumat? Pada hari Jumat kemarin, ‘bantingan’ karena masalah MSCI Rebalancing membuat IHSG ditutup dibawah suport 5.972.  Posisi penutupan tersebut, signalnya jelek.  Jelek karena trend jangka menengah IHSG… sudah berarti bukan trend naik lagi.  Akan tetapi… jika IHSG pada sore hari ini berhasil ditutup diatas resisten 6.005 – 6.010 … trend IHSG berarti juga bukan trend turun… tapi berupa trend mendatar (flat).

Hang Seng sih terlihat gak masalah.  Hang Seng masih ditutup signal positif setelah berhasil ditutup diatas resisten pertama 29.158.  Dow Futs juga naik diatas 200 poin setelah Senat menyetujui rencana pajak yang diusulkan oleh Pemerintahan Donald Trump.

Saya sih hari ini … tadinya… hanya mau melepas posisi ‘tadahan’ yang saya dapat di hari Jumat kemarin.  Akan tetapi… karena regional masih bagus.. saya memutuskan untuk mengambil posisi trading pada saham-saham yang berhasil mengakhiri trend turunnya.  Minimal… saham-saham yang sedang resisten testing.  Posisi saya tetap tidak banyak.. hanya sekitar 50% porto.  Posisi trading karena trend jangka menengah IHSG… sudah bukan lagi berupa trend naik.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

2 Comments
  1. ibra says

    bantingan di closing (BC) di akhir bln dan diangkat pd open hr berikutnya bukti bahwa open/closing adalah ruang gelap bursa tempat mafioso bermain.hehe

    1. Satrio II says

      Bung Ibra…

      Jangan dipandang begitu. Saya selalu melihat bantingan atau tarikan itu sebagai ‘kesempatan’ … mampukah kita ‘meraup rejeki’ dari kesempatan itu? Lumayan loh.. 5-10 menit.. untung 1-5%.. semalam untung 1% – 5% juga masih lumayan.

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.