Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Menjadi ‘Trader Aseng’ vs ‘Trader Lokal’ : Enak mana?*

2 5,953

Selamat pagi…

Ceritanya, beberapa waktu yang lalu, saya sempat menikmati transaksi pada sebuah sekuritas yang sering di pake oleh investor asing atau fund manager. Di situ.. saya menikmati fasilitas bertransaksi seperti Aseng. Aseng ini.. investor lokal.. tapi pake sekuritas yang biasa dipake asing. Enak? Tentu saja.. setiap saya hantam saham-saham mainan asing.. ada saja broker asing lain yang mengikuti. Harga jadi minimal bisa bergerak 1% – 1.5% .. setelah saya ambil. Kalau saya cuman scalping.. bentar juga bisa keluar.

Sekarang.. saya pake broker lokal. Citranya adalah ‘broker retail lokal’. Sekarang.. setiap saya makan ‘barang kesayangan saya’ (saya tetap main saham BC yang notabene adalah mainan asing) .. GAK ADA YANG IKUTIN! Hehehe.. entah itu asing.. entah itu lokal.

So… itu menjelaskan : mengapa lebih enak jadi ‘Trader Aseng’ (trader lokal yang trading pake sekuritas asing) … karena dengan menjadi Trader Aseng.. yang asing asli saja.. bisa ketipu. Apalagi yang lokal.

Cuman.. apakah ini akan membuat saya kembali ke Sekuritas Aseng dari Sekuritas Lokal dimana saya sekarang bertransaksi?  Sepertinya tidak ye… banyak hal diluar sekedar ‘tarik-tarikan Asing’ seperti itu.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*diclaimer ON

2 Comments
  1. Joni Jenggo says

    Semoga bisa lebih sering men share pengalamannya dalam bertrading, mgkn tidak perlu selalu analisa teknikal karena kita sudah banyak mendapatkan referensi2 teknikal, tapi lebih ke pengalaman praktis yg spesifik seperti ini, sehingga kita2 yang pemula atau hny bermain di rumah bisa mendapatkan referensi dari pemain2 profesional seperti bapak.
    Terima kasih pak.

    1. Satrio II says

      Bung Joni…

      Terima kasih semangatnya. Hehehe. Saya belakangan memang sedang berusaha untuk giat nulis lagi. Semoga niat saya segera kembali.

      Wassalam,
      Satrio

Leave A Reply

Your email address will not be published.