Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

CheatSheet untuk 3 Desember 2009

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA

Beberapa catatan tambahan:

  • IHSG hari ini sempat menyentuh resisten 2475 dan ditutup dibawahnya.
  • Beberapa saham terlihat sempat menembus resisten, tapi ditutup dibawahnya.  Pinokio Bar seperti ini, yang paling parah terjadi pada ASII.  Hati-hati jika saham ini besok menembus suportnya.
  • ELTY kembali ditutup dibawah neckline dari H&S.  Posisi penutupan masih dibatas suport gap 235 – 240.  Jika suport ini gagal bertahan, ada baiknya kita menunggu hingga dibawah 200, sebelum mulai mengambil posisi.
  • Dalam kondisi indeks ditutup di posisi resisten, hal yang terpenting adalah: mewaspadai terjadinya reversal sedini mungkin.   So, jika anda melihat CheatSheet hari ini, saya banyak mengingatkan dengan kalimat ‘exit posisi trading jika gagal ditutup > level xxxx’.  Exit jika suport pertama gagal bertahan.
  • Tapi ini bukan berarti trend pasti berbalik menjadi turun.  Jika resisten 2475 – 2495 berhasil ditembus, IHSG akan bullish hingga akhir tahun (masa sih? hehehe).

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.