Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

CheatSheet untuk 30 November 2009*

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA

Beberapa catatan tambahan:

  • IHSG ditutup di sekitar retracement 38.1%.  Dalam kondisi normal, IHSG akan bergerak ke retracement 50% di 2360 – 2370.  Akan tetapi, kondisi dimana DJI masih ditutup diatas suport 10250, ditambah dengan bursa Eropa yang rebound pada pergerakan Jumat, sepertinya membuka peluang untuk resisten testing 2425.  Best case: IHSG akan kembali menguji resisten di 2450 – 2500.
  • Pada dasarnya, saya adalah orang yang bearish.  Masalah ‘Dubai World’ memang membuat semuanya menjadi ‘liar’.  Oleh sebab itu, saya lebih suka membuat dua skenario untuk trading plan kali ini.  Skenario naik dan skenario turun.  But still.. karena saya tetap adalah orang yang bearish, saya lebih senang SellOnStrength jika IHSG naik hari ini.
  • Salah satu rumor yang meluncur Kamis kemarin adalah masalah Forced Sell pada saham-saham Bakries.  Jika anda melihat tulisan saya sebelumnya, anda bisa melihat bahwa meski pada BUMI, BNBR, dan BTEL potensi penurunan masih terlihat, tapi, potensi penuruannya sudah terbatas.  Yang harus kita waspadai adalah saham-saham yang berada di atas suport, karena jika penembusan terjadi, potensi penurunannya terlihat cukup besar.

Sementara itu dulu.

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.