Saham, IHSG, Reksadana, Indonesia, Trading, Investasi, Training, Strategy

Disclaimer

Ketika pertama kali saya meng-create weblog ini, berusaha untuk tidak memberikan ‘Disclaimer’ (pernyataan pelepasan atas segala resiko investasi yang dilakukan oleh anda selaku pembaca).  Saya melakukan ini karena saya yakin bahwa saya mampu untuk menjaga diri untuk tidak memberikan rekomendasi ‘Beli’ atau ‘Jual’ yang spesifik, yang mungkin pembaca ikuti.

Selain itu, karena saya mendesain weblog ini sebagai tempat untuk belajar, maka pada dasarnya isi weblog ini adalah teori, atau setidaknya aplikasi dari sebuah teori.

Dan.. terus terang, saya tidak suka memberikan disclaimer.  Bagi saya, disclaimer itu hanya untuk pengecut,  untuk orang yang tidak berani bertanggung jawab atas pendapatnya, dan orang yang tidak pernah main (trading) saham sehingga tidak mengerti resiko.

Akan tetapi, karena saya melihat kedepannya, para pembaca kemungkinan akan melakukan posisi beli atau jual berdasarkan tulisan/rekomendasi/saran/analisis yang terdapat pada weblog ini, dan karena saya sangat yakin bahwa saya tidak mungkin 100% benar pada setiap kesempatan atau setiap prediksi yang saya lakukan, maka (dengan sangat berat hati).. meski saya sudah berusaha sedapat mungkin bahwa setiap tulisan/rekomendasi/saran/analisis yang ada pada weblog ini telah dibuat dengan kemampuan terbaik yang saya miliki, saya tetap meminta pada para pembaca untuk menyatakan bahwa dengan membaca ‘Disclaimer’ ini, anda selaku pembaca/pemodal:

  • Mengetahui bahwa investasi atau trading atau beli/jual saham membuat pembaca/pemodal memiliki potensi kerugian.
  • Setiap kerugian yang terjadi pada transaksi yang dilakukan oleh pembaca/pemodal adalah tanggung jawab dari pembaca/pemodal sendiri.
  • Anda (selaku pembaca/pemodal) melepaskan saya dari tanggung jawab atas setiap kerugian yang anda lakukan, seperti saya melepas anda dari kewajiban untuk memberikan bagian keuntungan atas setiap hasil transaksi untung yang anda lakukan berdasarkan analisis yang ada dalam weblog ini.

Selain itu, mengingat posisi saya sebagai seorang trader, saya juga ingin memberitahukan kepada para pembaca/pemodal bahwa saya selaku penulis, bisa saja telah memiliki posisi pada saham yang disebutkan pada tulisan/rekomendasi/saran/analisis yang ada pada weblog ini, untuk saat ini maupun untuk dimasa yang akan datang.

Demikian ‘Disclaimer’ ini.  Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo